Karya Ilmiah ku

PEMBENTUKAN PENGHIJAUAN

DI LINGKUNGAN SMA

NEGERI 1 CILEUNGSI

 

 

 

Karya Tulis Sederhana ini diperuntukkan untuk berpartisipasi

dalam progam “1000 BUNGA” SMAN 1 Cileungsi

 

 

 

Disusun oleh:

Annisa Apriani Sulistyorini

 

 

 

 

 

SMA Negeri 1

CILEUNGSI

2012

 

Kata pengantar

 

Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa, yang telah memberikan berkat, rahmat, serta karunia-Nya, sehingga kami penulis / penerbit dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah sederhana ini.

Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan karya tulis ini adalah untuk menghimbau siswa agar peduli akan lingkungan SMAN 1 Cileungsi, sehingga lingkungan di SMAN 1 Cileungsi menjadi asri.

Satu harapan yang kami inginkan semoga karya tulis ini dapat berguna bagi pembaca. Kami menerima kritik dan saran yang membangun.

 

             Cileungsi,  April 2012

 

 

                                                                                                                Annisa Apriani S.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

Judul……………………………………………………………………….             i

Kata Pengantar……………………………………………………………             ii

            Daftar Isi………………………………………………………………..…              iii

 

  1. Pendahuluan………………………………………………………….              1

1.1.            Latar Belakang Masalah ……………………………………               1

1.2.            Rumusan Masalah …………..……………………………….              1

1.3.            Tujuan …………………………………………………………             1

1.4.            Manfaat penelitian …………………………………………….            2

  1. Isi ………………………………………………………………………             3

2.1.            Pengertian Sekolah Hijau dan Sehat …………………………            3

2.2.            Peranan dan Fungsi Penghijauan di Sekolah ………………..           3

2.3.            Tata Cara Pelaksanaan Penghijauan di Sekolah ..…………..            4

2.4.            Tata Tertib ……………………………………………………..           5

  1. Penutup …………………………………………………………………           7

3.1.            Kesimpulan ……………………………………………………..           7

3.2.            Saran …………………………………………………………….          7

3.3.            Lampiran ………………………………………………………..          8

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

Adanya berbagai perubahan kondisi dan kualitas lingkungan tentunya akan bisa berpengaruh buruk terhadap manusia. Beragam bentuk kerusakan lingkungan, seperti pencemaran udara, pencemaran air, dan menurunnya kualitas lingkungan akibat bencana alam, banjir, longsor, kebakaran hutan, krisis air bersih, sekolah menjadi gersang. Hal ini lama kelamaan akan dapat berdampak global pada lingkungan, khususnya bagi kesehatan masyarakat dan sekolah itu sendiri

Pembangunan di berbagai sekolah hendaklah bisa memperhatikan ekosistem di sekitarnya. Janganlah, eksistensi lingkungan dikesampingkan oleh dalih penataan lingkungan tanpa menghiraukan kelestarian dan kenyamanan lingkungannya.

Menyikapi hal ini, sebagai pelaku pendidikan dan anggota masyarakat yang cinta lingkungan, paling tidak kita secara moral (etika) bisa ikut berpartisipasi pada setiap program yang berkait dengan kelestarian lingkungan hidup yang dicanangkan oleh pemerintah melalui lingkungan paling dekat dengan kita yaitu lingkungan sekolah.

 B.     Rumusan Masalah

    1.  Bagaimanakah proses pembentukan lingkungan penghijauan di SMAN 1 Cileungsi?
    2.  Bagaimanakah kondisi lingkungan di SMAN 1 Cileungsi?
    3. Bagaimanakah perawatan perawatan lingkungan penghijauan di SMAN 1 Cileungsi
  1. C.    Tujuan
    1. Untuk mengetahui bagaimana proses pembentukan penghijauan di SMAN 1 Cileungsi.
    2. Untuk mengetahui kondisi penghijauan di SMAN 1 Cileungsi.
    3. Untuk mengetahui bagaimana perawatan lingkungan penghijauan di SMAN 1 Cileungsi.
  2. D.    Manfaat Penelitian

Dengan adanya penerapan penghijauan lingkungan sekolah diharapkan bisa menjadi salah satu alternatif dalam menata dan memelihara kelestarian lingkungan hidup di wilayah Indonesia. Di samping adanya kesadaran masyarakat yang tinggi dalam memelihara dan melestarikan lingkungan hidup dalam rangka mengantisipasi dari segala bentuk pengErusakan dan pencemaran lingkungan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

ISI

 

  1. A.    Pengertian Sekolah Hijau dan Sehat

Definisi sekolah hijau dan sehat adalah sekolah yang bersih, hijau, indah dan rindang, peserta didiknya sehat dan bugar serta senantiasa berperilaku hidup bersih dan sehat. Sekolah sehat selalu membangun atau menjaga kesehatan siswa dan siswi dengan baik jasmani maupun rohani, melalui pemahaman, kemampuan dan tingkah laku, sehingga siswa dan siswi bisa mengambil keputusan yang terbaik untuk kesehatan siswa dan siswi secara mandiri. Sekolah sehat menyadari sangat pentingnya kesehatan siswa dan siswi dalam mencapai prestasi maksimal dan untuk meningkatkan standar kehidupan mereka.

Saat ini di Bogor khususnya SMAN 1 Cileungsi, sedang digalakkan penanaman “1.000 BUNGA”. Pada dasarnya sekolah hijau dan sehat adalah sekolah yang menyadari pentingnya pembangunan kesehatan di bidang promotif dan preventif, bukan hanya bersifat kuratif (menyembuhkan). Jadi adanya UKS di sekolah tidak menjamin bahwa sekolah tersebut merupakan sekolah sehat.

Untuk itu, disusun kriteria utama dari sekolah sehat yaitu :

  1. Progam pendidikan dan pelayanan kesehatan
  2. Makanan sehat
  3. Pendidikan olahraga
  4. Pendidikan mental
  5. Progam lingkungan sekolah sehat dan aman

 

  1. B.     Peranan dan Fungsi Penghijauan di Sekolah

Penghijauan berperan dan berfungsi sebagai berikut :

  1. Sebagai paru – paru sekolah. Tanaman sebagai elemen hijau, pada pertumbuhannya menghasilkan zat asam O2  yang sangat diperlukan bagi makhluk hidup untuk pernapasan.
  2.  Sebagai pengatur lingkungan sekolah menjadi sejuk, nyaman, dan segar
  3. 3.        Pencipta lingkungan hidup.
  4. Penyeimbang alam ( tempat tinggal hewan, dan mengurangi dampak angin kencang, matarahi atau debu – debu).
  5. Keindahan (estetika).
  6. Kesehatan.
  7. Sebagai sarana pendidikan.

Dengan demikian penghijauan lingkungan sekolah, perlu ditingkatkan secara bertahab meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pemeliharaan dengan mempertimbangkan aspek estetika, pelestarian lingkungan dan fungsional. Pelaksaan harus sesuai dengan perencanaan begitu pemeliharaan harus dilakukan secara terus – menerus.

Dalam konteks ini, tidaklah berlebihan jika gerakan ramah lingkungan pun bisa kembali digalakkan melalu progam “1.000 BUNGA” di SMAN 1 Cileungsi secara menyeluruh. Dalam rangka menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan hidup, sangat dibutuhkannya kerja sama yang baik.

 

  1. C.    Tata Cara Pelaksanaan Penghijauan di Sekolah

Dalam pelaksanaan kegiatan penghijauan disekolah sering kali muncul istilah banyak bicara, tetapi tidak mau melaksanakan atau banyak teori, praktek tidak mau. Dengan adanya Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) di sekolah, siswa atau siswi yang tadinya tidak perduli atau acuh tak acuh terhadap kelestarian lingkungan mulai sadar arti pentingnya menjaga lingkungan.

Hal yang perlu dilakukan dalam penghijauan adalah:

·      Pengelolaan limbah/ sampah dan air.

·      Landscaping dan penghijauan.

·      Perawatan fisik bangunan dan lingkungan.

·      Sekolah menjadi pusat penghijauan (green school) yang

       bermanfaat bagi lingkungan.

 

 

 

 

Selain melakukan pengihijauan, dilakukan juga perawatan agar lingkungan terjaga dan tumbuhan tidak layu. Perawatan yang dilakukan sebagai berikut :

  1. Jangan memetik, memangkas, merusak tanaman yang

ada.

  1. Dilarang menginjak, bermain di taman rumput dan taman hias yang mengakibatkan rumput-rumput itu mati.
  2. Dilarang membuang sampah pada tanaman.
  3. Dilakukan kerja bakti untuk membersihkan sampah sehingga taman terlihat indah.
  4. Di taman sekolah diupayakan agar terawat dengan cara menyapu, menyiram, meberi pupuk sehingga bertambah subur.
  5.  Berilah obat pembasmi hama sehingga tanaman tidak terganggu pertumbuhannya.

 

  1. D.    Tata Tertib

Dengan etika lingkungan, sebagai manusia khususnya pelajar harus melaksanakan tata tertib. Pelaksanaan tata tertib ini dilakukan untuk menjaga keindahan dan kebersihan sekolah. Tata tertib yang harus dipatuhi sebagai berikut :

  1. Siswa wajib turut berpartisipasi memelihara keamanan, ketertiban, kebersihan, keindahan, kekeluargaan, ketaqwaan, kesehatan, kerindangan dan keharmonisan sekolah.
  2. Siswa dilarang membuat keributan dalam kelas hingga mengganggu kelas yang lain.
  3. Siswa dilarang membuang sampah sembarangan, menulis atau mengotori meja kursi, tembok, WC dan tempat lain dalam lingkungan sekolah dengan spidol, tipe ex, cat/pilox, dan alat lainnya.
  4. Siswa dilarang merusak kelengkapan kelas, hiasan dan tumbuh-tumbuhan yang ada diligkungan sekolah.
  5. Sebelum dan setelah proses pembelajaran siswa wajib membersihkan kelasnya masing-masing sesuai dengan jdwal piket yang ada.
  6. Siswa dilarang menempelkan gambar yang tidak bermanfaat dan tidak ada hubungan dengan proses pembelajaran di dinding, jendela atau pintu kelas.
  7. Siswa wajib menjaga dan memelihara peralatan dan prasarana kelas, laboratorium dan bengkel. Kerusakan atau kehilangan perlatan atau prasarana tersebut yang dilakukan siswa wajib diganti oleh siswa yang bersangkutan.
  8. Siswa yang membawa kendaraan bermotor wajib menyimpan ditempat yang telah disediakan.

Dengan mematuhi poin – poin di atas, akan memberikan dampak positif yang besar bagi moral siswa atau siswi serta kelestarian lingkungan yang ada di sekolah.


 

BAB III

PENUTUP

 

  1. A.    Kesimpulan

Penataan Lingkungan Sekolah menjadi Green School merupakan penataan lingkungan sekolah sehingga dapat menciptakan suasana yang asri, sejuk, bersih, sehat dan dapat mendukung proses pelaksanaan KBM dengan status: dalam ruang atau luar ruang, dalam ruang dan luar ruang, serta bermanfaat bagi lingkungan luar sekolah. 

Lingkungan sekolah yang kondusif sangat diperlukan dalam menghasilkan tamatan yang cakap melalui proses belajar mengajar berbasis sistem pendidikan yang bermutu. Tidak itu saja, lingkungan sekolah yang kondusif juga akan ikut mendorong terwujudnya pola hidup bermutu yang pada saat ini sangat diperlukan dalam meningkatkan daya saing bangsa dimata dunia sekaligus melestarikan kekayaan sumber daya alam hayati Indonesia.

 

  1. B.     Saran

Mari kita lakukan penghijauan di lingkungan SMAN 1 Cileungsi ini.

 

About these ads
Categories: Uncategorized | Tags: , , , , , , | Tinggalkan komentar

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat website atau blog gratis di WordPress,com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: